Inilah 5 Manfaat Puasa Sunnah Senin & Kamis Bagi Kesehatan

puasa-tetap-sehat_20160615_102444

Manfaat Puasa Sunnah Senin & Kamis Bagi KesehatanBarang siapa yang mengerjakan apa yang diperintahkan akan mendapat pahala dan mengerjakan yang dilarang mendapat dosa, itulah ibadah yang hukumnya wajib. Lain hal dengan ibadah sunnah, mengerjakannya akan mendapat pahala sedang meninggalkannya tidak apa-apa namun tetap dianjurkan.

Manfaat puasa sendiri sangat besar dan berpengaruf positif bagi kesehatan apabila dilakukan secara rutin dan menjadi kebiasaan. Beberapa ilmuwan telah melakukan berbagai penelitian tentang puasa contohnya seperti Allan Cott, M.D seorang ahli kesehatan dari Amerika yang menyatakan manfaat puasa salah satunya yaitu merasa lebih baik secara fisik dan mental. Tentunya selain memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, puasa sunnah senin & kamis dapat memaksimalkan keseimbangan antara 3 kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ).

Manfaat puasa sunnah senin & kamis khususnya bagi kesehatan diantaranya adalah:

  1. Memberikan istirahat untuk organ pencernaan

Organ pencernaan dalam tubuh manusia ibarat seperti mesin, sebut saja mesin kendaraan bermotor. Tidak mungkin sebuah mesin terus dijalankan tanpa adanya waktu istirahat, hal itu agar tidak merusak komponen didalamnya selan dibutuhkan perawatan dan yang lainnya.

Sama hal nya dengan organ pencernaan dalam tubuh manusia yang membuthkan istirahat minimal sehari higga dua hari dalam seminggu. Hal itu berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ dalam mencerna makanan, disamping itu sebagai perawatan rutin agar tidak cepat rusak.

  1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Elson M. Haas M.D mengatakan puasa berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan kotoran, toksin/racun dari dalam tubuh. Saat berpuasa, secara alamiah usus akan membersihkann diri. Disaat yang sama, organ tubuh lainnnya seperti hati dan lambung akan beristirahat.

Hati menjadi tempat menyaring segala sesuatu yang dikonsumsi maupun dihirup manusia, termasuk yang diserap dari permukaan kulit. Dengan berpuasa, tentu organ-organ seperti hati, usus, ginjal akan lebih berfungsi dengan baik melakukan ‘tugasnya’ dalam mengeluarkan racun.

  1. Menurunkan kadar kolesterol, gula darah

Menurut ahli gizi Fiastuti Witjaksono, puasa memberikan efek positf terhadap metabolisme tubuh karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, trigliserida, dan risiko diabetes. Kadar kolesterol yang tinggi dalam jangka panjang akan menyumbat saluran pembuluh darah, tetapi selama puasa hal ini cenderung menurun karena asupan tubuh yang menurun saat puasa.

Hal ini tentu dicapai bila pola makan disiasati dengan menghindari makanan yang tidak baik saat berbuka puasa dan makan sahur seperti gorengan dan makanan berlemak lainnya, juga makanan yang manis-manis.

  1. Meremajakan sel-sel tubuh

Manusia memiliki cadangan energi yang disebut glikogen. Cadangan energi tersebut dapat bertahan selama 25 jam. Cadangan gizi inilah yang sewaktu-waktu akan dibakar menjadi energi, jika tubuh tidak mendapat suplai pangan dari luar. Ketika berpuasa, cadangan energi yang tersimpan dalam organ-organ tubuh dikeluarkan sehingga melegakan pernapasan sel-sel penyimpannya. Peristiwa ini disebut peremajaan sel tubuh. Dengan meremajakan sel tubuh, akan bermanfaat meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh dan kulit.

  1. Membuat kulit dan rambut lebih sehat

Puasa dapat membuat kulit menjadi segar, sehat lembut dan berseri yang bonusnya menjadi lebih sehat. Karena, setiap saat tubuh mengalami metabolisme energi, yaitu peristiwa perubahan dari energi yang terkandung dalam zat gizi menjadi energi potensial dalam tubuh. Rambut pun nampak berkilau berkat hasil dari peremajaan sel-sel tubuh yang baik.

Kesempurnaan puasa yang berujung pada kesehatan yang baik akan didapat apabila kita menyeimbangkan dengan pola hidup yang sehat. Seperti mengkonsumsi makanan yang bermanfaat bagi tubuh seperti sayuran, buah-buahan dan serat, menghindari makanan berlemak seperti gorengan dan santan, berolahraga rutin seperti jogging atau yoga. Disamping itu pikiran yang positif dan tidak gampang stress membantu mencapai pola hidup yang lebih baik dan sehat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s