Kiat-Kiat Membaca dan Mentaddaburi Al Quran dan Tafsirnya

Kiat-Kiat Membaca dan Mentaddaburi Al Quran dan Tafsirnya – Tafsir Al Quran merupakan pengembangan dan makna tersirat dari terjemahan Al Quran. Tafsir Quran menjadi bagian penting ketika seseorang belajar mendalami Al Quran sehingga makna yang diambil bukanlah makna yang tampak dari luar saja. Tafsir Al Quran berkaitan erat dengan cara seseorang mentaddaburi makna yang terkandung dalam Al Quran.

kumpulan tafsir al quranBagi orang yang memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami isi dari Al Quran maka ia akan senantiasa bertambah keimanan dan rasa cintanya terhadap islam. Hal ini dikarenakan isi Al Quran begitu indah dan kompleks untuk menjawab berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Membaca Al Quran dengan mantaddaburinya adalah hal yang penting untuk meningkatkan keyakinan dan keimanan pada zat yang maha agung.

Berikut ini beberapa kiat-kiat membaca tafsir Al Quran dan cara mentaddaburinya.

Membaca Al Quran dan Artinya Secara Perlahan
Bacalah Al Quran dan artinya secara perlahan. Saat ini sudah banyak beredar kitab Al Quran yang lengkap dengan terjemahannya. Gunakanlah Al Quran terjemah yang telah disahkan dan disetujui oleh pemerintah sehingga terjamin akan kualitas terjemahannya.

Bacalah Al Quran tersebut secara perlahan dan berhentilah sejenak untuk memahami terjemahnya secara mendalam. Tujuan dari membaca dengan terjemahnya ini adalah agar bisa mengerti apa yang ingin disampaikan oleh Allah kepada hamba-Nya dan mengetahui akan kebesaran dan keagungan yang dimiliki-Nya.

Mengambil Berbagai Referensi Untuk Mengetahui Makna Lebih Dalam
Jangan hanya mencukupkan diri dengan Al Quran terjemah, akan tetapi tambahlah pengetahuan tentang Al Quran dengan membaca tafsirnya. Terdapat banyak sekali kitab tafsir Quran yang pada umumnya menggunakan bahasa arab sebagai bahasa yang dibawa oleh Al Quran.

Akan tetapi saat ini telah banyak ditemukan dan diterbitkan terjemah dari tafsir-tafsir tersebut sehingga memudahkan pembacanya akan makna tersirat yang ada dalam Al Quran. Manfaat lain dari banyaknya referensi yang diambil adalah bisa mengetahui terjemah ayat Al Quran dari segala aspek yang diberikan sehingga meminimalisir kesalahan dalam pemahaman yang disampaikan oleh Al Quran.

Menghubungkan Makna Al Quran dengan Kegiatan Sehari-Hari
Cara mentaddaburi Al Quran berikutnya adalah dengan menghubungkan segala yang ditulis dalam Al Quran dengan kehidupan sehari-hari. Seperti keagungan Allah yang menciptakan langit dan bumi, kejadian-kejadian yangg terjadi pada zaman lampau, dan segala rezeki dan nikmat yang telah diberikan untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Menghubungkan makna al quran dengan kehidupan sehari-hari inilah yang membuat seseorang lebih bertambah keimanan dan ketaqwaanya kepada Allah.

Mengaitkan Ayat Satu dengan Ayat Lainnya
Kemudian mentaddaburi Al Quran dengan menghubungkan satu ayat dengan ayat yang lainnya sehingga bisa ditarik kesimpulan akan keistimewaan makna Al Quran dibandingkan dengan kitab yang lainnya. Contohnya adalah menghubungkan ayat tentang rezeki dengan ayat yang lain yang mengungkapkan cara mendapatkan rezeki yang dibenarkan oleh Allah. Dengan cara demikian akan semakin lengkap cara seseorang memandang kitab sucinya dengan cara memahami dan mentaddaburi tafsir Al Quran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s