Menjadi Hafidz Quran Dengan Menghafal Melalui Al Quran Online

Menjadi Hafidz Quran Dengan Menghafal Melalui Al Quran Online – Menghafal Al Quran online menjadi salah satu metode yang sedang tren di kalangan masyarakat untuk menghafalkan Al Quran di tengah padatnya rutinitas harian oleh pekerjaan.

menghafal al quran online itu mudahMetode ini termasuk ke dalam metode yang modern dan tepat sasaran karena saat ini media internet sudah berkembang pesat dan menjadi salah satu kebutuhan primer penduduk dunia. Sasaran utama dari pelajaran tahfidz ini adalah umat muslim yang ingin belajar Al Quran melalui internet.

Keadaan ini pada umumnya disebabkan oleh tidak adanya ustadz atau pengajar yang berkompeten untuk menghafal Al Quran, jauh dari pusat pendidikan keagamaan, atau juga ingin belajar bacaan atau murottal dari gurunya.

Menjadi seorang hafidz Quran dengan menghafal melalui Al Quran online bukanlah sesuatu yang dilarang karena manfaatnya akan sama besarnya dengan orang yang menghafal menggunakan metode lainnya.  Lantas bagaimana cara menghafalkan melalui media online?

Simak caranya berikut ini.
Carilah Pendamping atau Pengajar yang Berkompeten
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum belajar menghafal Al Quran online adalah memilih pendamping atau pengajar yang berkompeten. Artinya pendamping tersebut sudah dipastikan akan latar belakangnya dan juga sanad bacaan Al Quran nya. Ini merupakan syarat wajib karena latar belakang sangat penting untuk menjamin keberhasilan menghafal Al Quran dengan benar dan sesuai dengan tuntunan Allah.

Kemudian syarat yang tidak kalah penting adalah kemampuan dari ustadz tersebut untuk mendampingi hafalan secara online. Karena ketika berbicara online tidak akan lepas dari kemajuan teknologi saat ini. Sehingga seorang pendamping juga harus mempunyai kemampuan dalam menggunakan teknologi.

Download Murottal atau Bacaan Surat yang Ingin Dihafalkan
Kemudian pilihlah surat yang ingin dihafalkan dengan cara men-download murottal atau bacaannya. Dengan mendengarkan murottal ini secara berulang-ulang maka akan memudahkan untuk menghafalkannya lebih cepat. Akan lebih baik jika suara yang didengarkan atau murottal yang di download merupakan suara asli dari pendamping hafalan online sehingga akan lebih mudah untuk mengujikannya ketika sudah hafal.

Kemudian yang harus dilakukan adalah menentukan target hafalan. Hal ini disebabkan ketika menghafalkan Al Quran secara online belum tentu bisa bertemu dengan pendamping setiap hari.  Oleh karena itulah maksimalkan setiap kesempatan yang ada dengan menetapkan target hafalan yang harus disetorkan.

Gunakanlah patokan hari untuk menghafalkan surat-surat Al Quran, misalnya ingin menghafalkan surah Yassin maka diskusikan dengan pendamping waktu yang tepat untuk cukup menghafalkannya dan tentukan pula waktu setorannya.

Sharing dengan Berbagai Teman Sesama Hafidz
Perbanyaklah diskusi dengan teman sesama hafidz dengan menggunakan media online. Kenali berbagai masalah yang sering dihadapi ketika menghafalkan Al Quran secara online, kemudian galilah informasi mengenai solusi dari permasalahan tersebut sehingga hafalan yang sedang dijalankan bisa lebih cepat dan lebih berkualitas bacaannya. Dengan sharing dan diskusi ini akan diketahui kiat dan cara yang benar untuk menghafal Al Quran online.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s