Kiat Menghafal Ayat Ayat Pendek Al Quran

Kiat Menghafal Ayat Ayat Pendek Al Quran – Ayat ayat pendek Al Quran pada umumnya identik dengan bagian akhir atau juz terakhir dalam Al Quran yakni juz 30. Juz 30 menjadi salah satu bagian yang paling banyak dibaca dan dihafalkan oleh umat muslim di dunia karena ayat-ayatnya pendek dan sering digunakan sebagai bacaan sunnah dalam shalat. Surat-surat dalam juz 30 juga sering diputar di berbagai masjid dan mushola sebelum melakukan ibadah sholat berjamaah.

membaca ayat ayat pendek al quranDi berbagai metode menghafalkan Al Quran dan di berbagai pendidikan islam di dunia selalu memprioritaskan untuk menghafalkan juz 30 sebelum melanjutkan ke juz lainnya. Hal ini dikarenakan juz 30 termasuk juz yang mudah untuk dihafalkan sehingga tak jarang juga anak-anak berusia kecil sudah dilatih untuk bisa menghafalkan juz 30.

Lantas bagi yang belum hafal juz 30, maka ada baiknya untuk menyimak kiat menghafal ayat ayat pendek Al Quran berikut ini:

Komitmen untuk Bisa Menghafalkan Al Quran
Hal terpenting saat ingin menghafalkan ayat-ayat pendek adalah komitmen untuk menghafalkannya. Komitmen ini penting sebagai motivasi diri untuk memperbaiki dan memperbanyak hafalan Al Quran. Tanpa adanya komitmen maka niat hafalan Quran seringkali berhenti di tengah jalan atau kurang serius dalam menghafalkannya sehingga hafalan menjadi sering hilang atau juga sulit untuk menghafalkannya.

Mendengarkan Murottal atau Bacaan Berulang-Ulang
Dengarkanlah bacaan Al Quran khususnya surat-surat pendek dalam bentuk mp3. Terdapat banyak imam yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk mendengarkan bacaan Al Quran. Banyaknya bacaan imam ini akan memudahkan memilih lagu atau nada yang pas dan sesuai dengan hati sehingga mempermudah saat menghafalkannya.

Di Indonesia terdapat beberapa imam yang bisa dijadikan panutan dalam menghafalkan surat-surat pendek diantaranya adalah ustadz Yusuf Mansur. Dengan mendengarkan murottal atau bacaan Al Quran secara berulang-ulang khususnya menjelang tidur pada malam hari akan membuat otak lebih mudah menangkap ayat yang harus dihafalkan.

Aplikasikan Ayat atau Surat yang Telah Dihafalkan Saat Sholat
Setelah menghafalkan beberapa surat atau ayat-ayat pendek aplikasikanlah ke dalam bacaan sholat setelah membaca Al Fatihah. Baik ketika sholat sendiri ataupun ketika sholat berjamaah. Atau bisa juga dilakukan ketika mengerjakan sholat sunnah. Tujuannya adalah untuk senantianya mengingat kembali dan tidak mudah hilang surat yang telah dihafalkan.

Untuk beberapa surat yang dianggap terlalu banyak jumlah ayatnya maka bisa dibagi menjadi ke beberapa rakaat dalam shalat sehingga cukup dalam satu kali sholat untuk membaca surat yang dihafalkan. Cara ini merupakan cara paling efektif untuk mengasah kemampuan daya ingat ketika menghafalkan Al Quran.

Lengkapi Smartphone atau Laptopmu dengan Al Quran
Laptop dan smartphone merupakan barang yang seringkali di bawa kemanapun bepergiannya. Maka isilah keduanya dengan aplikasi Al Quran yang sudah banyak tersedia dengan berbagai format sehingga memudahkan untuk membacanya diberbagai kesempatan, kapanpun dan dimananpun.

Jika perlu simpanlah juga bacaan murottal dari berbagai imam untuk bisa didengarkan ketika ada waktu senggang. Ini merupakan salah satu cara cepat menghafal Quran dan termasuk ke dalam kiat menghafal ayat ayat pendek Al Quran

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s