Hadits Tentang Keutamaan Menghafal Al Quran

Hadits Tentang Keutamaan Menghafal Al Quran – Keutamaan menghafal Al Quran telah banyak disampaikan oleh Al Quran dan Al Hadits. Banyaknya keutamaan ini tidak lepas dari peran Al Quran sebagai kitab suci yang paling otentik dan terjaga akan keasliannya selama lebih dari seabad. Belum lagi dengan berbagai manfaat yang diberikan Al Quran sebagai pedoman dalam beribadah dan bermuamalah di hari-hari umat muslim.

keutamaan menghafal al quranAl Quran merupakan kalam Allah yang diberikan pada umat Rasulullah Muhammad untuk dijadikan sebagai dasar dari segala hukum yang terdapat di bumi. Al Quran juga diturunkan sebagai mukjizat bagi Nabi Muhammad dengan syair yang indah dan penuh makna yang bisa melemahkan orang-orang yang menentangnya.

Lantas yang menjadi istimewa disini adalah bahwa Nabi Muhammad adalah seorang yang buta huruf dan tidak bisa membaca sehingga bisa menjadi bukti bahwa Al Quran adalah murni kalam Allah.

Berikut ini terdapat beberapa hadits yang menjelaskan tentang keutamaan menghafal Al Quran:
Termasuk Kedalam Sebaik-Baiknya Manusia di Muka Bumi
Rasulullah pernah membicarakan akan ciri-ciri orang yang paling baik di muka bumi. Beliau menyebutkan dalam haditsnya bahwa orang yang paling baik diantara manusia adalah orang yang bisa mempelajari Al Quran secara harfiyah dan maknawiyah kemudian menyampaikannya atau mengajarkannya pada umat islam lainnya yang belum pernah belajar Al Quran.

Jadi apa reward atau hadiah yang didapatkan oleh orang yang terbaik? Tentu saja kedudukan yang istimewa di sisi pemiliknya. Siapa pemilik Al Quran? Allah merupakan pemilik yang sah sehingga siapapun yang bisa menjadi orang terbaik di dunia maka bisa dipastikan akan memperoleh hadiah istimewa dari Allah SWT.

Memilih Surga yang Dinginkan Sesuai dengan Jumlah Hafalannya
Rasulullah juga pernah bercerita dalam haditsnya bahwa nanti di hari kiamat Allah akan menyuruh para penghafal Al Quran untuk membacakan hafalannya sehingga Allah bisa menentukan surga yang akan ditempati oleh penghafal Al Quran tersebut. Semakin banyak yang bisa dibacakan dan dihafalkan maka semakin tinggi surga yang akan ditempatinya.

Kemudian Rasulullah menambahkan pula dalam haditsnya bahwa nanti pada hari kebangkitan, umat muslim akan dibangkitkan dengan membawa hafalannya sebanyak yang dia hafalkan sebelum meninggal.

Dijauhkan dari Api Neraka
Dalam beberapa riwayat menyebutkan bahwa Rasulullah pernah bersabda akan keistimewaan penghafal Al Quran salah satunya adalah haram hukumnya bagi api neraka menyentuh atau membakar kulit dari seorang yang hafal Al Quran. Rasulullah juga mengatakan bahwa jasad penghafal Al Quran telah dijamin oleh Allah untuk tetap utuh, harum, dan tidak akan pernah bisa dibakar oleh api dalam neraka.

Sehingga nanti pada hari kiamat tidak akan ada seorang pun dari penghafal Al Quran yang merasakan panasnya api neraka yang dikatakan bahwa api yang ada di dunia ini hanyalah asap paling atas dari api neraka. Bahkan di beberapa cerita dan fakta menjelaskan bahwa terdapat beberapa jasad penghafal Al Quran yang masih utuh meskipun telah dikubur selama beberapa tahun. Hal inilah yang menjadi salah satu dari keutamaan menghafal al quran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s