Kumpulan Hadist Tentang Sedekah Yang Layak Diketahui

Kumpulan Hadist Tentang Sedekah Yang Layak Diketahui – Setiap umat muslim memang dianjurkan untuk melakukan perbuatan yang baik. Selain melakukan ibadah sholat kita juga dianjurkan untuk selalu bersedekah untuk bisa menyempurnakan amalan ibadah kita.

Sedekah merupakan salah satu amal perbuatan baik yang dianjurkan di dalam agama Islam. Bersedekah tidak hanya dengan memberikan sebagian harta, akan tetapi juga bisa dengan tersenyum kepada sesama muslim juga dianggap bersedekah. Setiap orang yang memberikan sebagian hartanya untuk disedekahkan di jalan Allah, maka ia akan mendapatkan pahala yang tidak pernah putus hingga ia meninggal dunia.

hadist tentang sedekah setiap hariPerintah untuk bersedekah tidak hanya terdapat di dalam dalil Al-Qur’an akan tetapi juga terdapat di dalam kumpulan hadist tentang sedekah. Berikut ini ada beberapa hadist tentang sedekah yang layak anda ketahui, yaitu :
1.    Hadist riwayat Bukhari tentang sedekah menjelaskan barang siapa yang bersedekah sebiji kurma dari sebagian rezekinya yang halal maka Allah akan menerima sedekahnya tersebut dari yang baik saja. Kemudian Allah akan mengembangkan sedekahnya dari satu suapan saja menjadi seperti gunung Uhud.
2.    Hadist riwayat Ibnu Majah tentang sedekah menjelaskan tidak akan ada satu pekerjaan baik pun yang dilakukan oleh seorang manusia selain daripada pekerjaan yang ia lakukan dengan tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang yang menafkahkan sebagian hartanya terhadap diri, anak, keluarga dan pembantunya melainkan menjadikan hartanya itu sebagai sedekah.
3.    Hadist riwayat Tirmidzi tentang sedekah menjelaskan jangan pernah menganggap remeh satu kebaikan pun. Seperti ketika ia menemui saudaranya maka hendaklah ia bertemu dengan saudaranya dengan wajah yang ramah. Dan jika anda membeli daging atau memasaknya dengan menggunakan kuali maka perbanyaklah kuah lalu memberikannya kepada tetanggamu.
4.    Hadist riwayat Ahmad tentang sedekah menjelaskan barang siapa yang menginfaqkan sebagian dari  hartanya di jalan Allah maka Allah akan membalasnya dengan melipat gandakan hingga tujuh ratus kali lipat. Dan barang siapa yang menginfaqkan untuk dirinya dan keluarga, menyingkirkan duri, menjenguk orang sakit selain ia akan mendapatkan kebaikan dengan sepuluh kali lipat setelahnya. Dan barang siapa yang di uji fisiknya maka itu akan menjadi pengugur dosa-dosaya.
5.    Hadist riwayat Tirmizi dan Abu Dzar tentang sedekah yang mejelaskan mengenai senyum untuk saudaranya merupakan sedekah dan beramal ma’ruf serta nahi munkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah. Selain itu, dengan menunjukkan jalan bagi yang benar seseorang yang sedang  tersesat juga merupakan sedekah.
6.    Hadist riwayat Abu Daud tentang sedekah yang menjelaskan perintah pelihara harta benda dengan cara mengeluarkan zakat. Dan mengobati penyakit dengan bersedekah serta menghadapi cobaan yang datang bertubi-tubi dengan doa dengan cara merendahkan diri kepada Allah.

Itulah beberapa informasi mengenai hadist tentang sedekah. Semoga apa yang telah dipaparkan di atas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda semua yang sedang mencari hadist tentang sedekah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s