Cara Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

Cara Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula – Cara mudah belajar bahasa Arab untuk pemula ditujukan untuk Anda yang bukan dari kalangan pesantren, tapi ingin mengetahui, memahami dan menguasai bahasa Arab sebagai bahasa yang digunakan dalam kitab suci Al- Quran.

Namun tak ada salahnya untuk Anda yang saat ini tengah belajar intensif, baik di perguruan tinggi maupun pesantren yang mempelajari bahasa Arab. Untuk itu ada beberapa tips yang perlu dicoba untuk para pemula yang ingin mempelajari bahasa Arab, seperti di bawah ini.

Mulai Dari Belajar Percakapan Ringan dan Ungkapan
yuuk belajar bahasa arab Anda dapat mempelajari bahasa Arab dimulai dengan cara menghafal berbagai ungkapan dan percakapan ringan yang kerap kali dipergunakan dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, lebih efektif jika Anda bisa menghafalkan beberapa bentuk percakapan praktis dalam bahasa Arab, misalnya seperti yang tersaji pada buku-buku berbahasa Arab bagi pemula, seperti Durusul Lughoh Al Arabiyah, Al Arabiyah Baina Yadaik dan lain sebagainya.

Memperbanyak Kosakata
Dalam belajar bahasa Arab sendiri, berdasarkan penuturan beberapa ahli, kosa kata mempunyai andil sangat besar. Seperti halnya pistol, yang mana kosakata ini merupakan amunisi yang telah siap untuk dimuntahkan lewat moncong pistol. Dengan amunisi yang semakin banyak, tentunya akan semakin banyak juga yang dapat Anda muntahkan. Untuk itu, mulai saat ini harus perbanyak menghafal perbendaharaan kosakata. Anda bisa bertanya pada guru atau teman mengenai makna dari sebuah kata berbahasa Arab.

Perlu diingat juga, Anda bisa meminta guru atau teman untuk menuliskan kosakata tersebut untuk Anda pada buku kecil. Sehingga Anda pun dapat membukanya bila sewaktu-waktu lupa. Jika Anda ingin cara yang lebih praktis, dapat membeli buku kamus saku dengan kosakata-kotakata yang populer di dalamnya.

Jangan Terlalu Fokus Pada Istilah Nahwu dan Shorof
Mempelajari istilah-istilah dari nahwu dan juga shorof sebenarnya lebih dianjurkan untuk mereka yang memang sudah berada di level lanjutan. Sementara untuk yang masih pemula hal-hal tersebut justru hanya membuat mereka kebingungan bahkan cenderung menghabis-habiskan waktu saja.

Jika pemula hanya fokus terhadap istilah-istilah tersebut akhirnya mereka pun hanya memperoleh pengetahuan mengenai bahasa Arab dan bukan keterampilan dalam berbahasa Arab. Sebagai saran, sebaiknya terlebih dulu Anda fokus dengan tips-tips sebelumnya, kemudian jika ada peningkatan yang signifikan maka setahap demi setahap Anda pun bisa mempelajari istilah dari nahwu dan juga shorof.

Mencari Komunitas Bahasa Arab
Kiat belajar bahasa Arab lainnya adalah dengan mencari komunitas bahasa Arab. Hal ini tentunya akan sangat membantu, terlebih lagi ketika Anda ingin mempraktekkan keterampilan secara verbal berbahasa. Anda harus mencari orang atau komunitas yang dapat diajak melakukan percakapan bahasa Arab.

Apalagi di zaman modern ini untuk mencari komunitas bahasa asing bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Ada banyak komunitas-komunitas bahasa asing yang bisa Anda jumpai di berbagai macam jejaring sosial dan sosial media, diantaranya telegram, twitter, facebook, BBM, WA dan masih banyak lagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s