Keutamaan Sedekah dan Contoh Nyata Sedekah Bagi Seorang Muslim

Keutamaan Sedekah dan Contoh Nyata Sedekah Bagi Seorang Muslim – Keutamaan dan manfaat sedekah menurut agama islam sangatlah banyak dan luar biasa. Hal ini tertulis dengan jelas di Alquran dan Hadist. Manfaat yang dijanjikan pun tak sebatas di dunia saja tetapi Allah juga menjanjikan manfaat dari sedekah di akhirat kelak jika kita bersedekah dengan ikhlas kepada siapa saja yang membutuhkan.

Sedekah yang kita berikan juga tak harus memberikan uang atau harta. Melainkan memberikan apa yang kita miliki untuk orang lain sehingga hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka. Bisa dalam bentuk makanan, pertolongan tenaga atau bantuan tenaga atau yang lainnya.

Contoh nyata sedekah bagi seorang muslim sangat banyak sekali. Mungkin muslim yang memiliki kelebihan harta benda memang menyedekahkan sebagian harta benda mereka kepada kaum fakir miskin. Lalu bagaimana bagi kita yang juga memiliki keterbatasan materi tetapi juga ingin bersedekah? Jangan khawatir, jika kita memiliki ilmu mengaji cukup baik, meluangkan sedikit waktu untuk anak-anak tidak mampu belajar mengaji di musholah juga merupakan sedekah yang memberikan manfaat banyak sekali bagi mereka.

Selain contoh di atas tentunya masih banyak contoh sedekah yang lainya, yang perlu digaris bawahi adalah bahwa apapun dan bagaimanapun bentuk sedekahnya tetap kita akan mendapatkan keutamaan-keutamaan sedekah sebagai berikut:

Pahala Berlipat Ganda
Membantu pihak yang tidak mampu serta sangat membutuhkan terang saja akan melipat gandakan pahala kita. Meskipun hanya Allah yang menentukan seberapa besar pahala yang akan kita dapatkan tetapi semua telah jelas tertulis di Al Qur’an bahwa jika kita bersedekah dalam bentuk apapun dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan meskipun itu hanya pujian akan dilipat gandakan pahala kita.

Mendapatkan Perlindungan di Hari Akhir
Jika kita adalah orang-orang yang bersedekah maka kita tidak perlu khawatir akan gangguan buruk dari siapapun. Karena Allah secara langsung akan menjadi pelindung bagi para dermawan termasuk perlindungan di hari akhir nanti. Ketika tidak ada perlindungan bagi yang lainya, Allah akan memberikan perlindungan pada 7 kelompok orang yang salah satunya adalah orang-orang dermawan yang gemar bersedekah.

Terhapusnya Dosa-Dosa
Ada sebuah hadist dari Imam Tirmidzi yang meriwayatkan bahwa Rosulullah pernah bersabda “sedekah mampu menghapus dosa-dosa seperti air yang mampu memadamkan api” dari hadist tersebut jelas bahwa sedikit apapun sedekah yang kita keluarkan, jika kita ikhlas maka akan menggugurkan dosa-dosa kita.

Tetapi dengan catatan bahwa sedekah yang kita berikan juga diiringi dengan pertobatan, berdoa memohon ampun kepada Allah serta menyesal akan dosa yang telah kita lakukan. Sungguh Allah akan menghapuskan dosa-dosa kita sebagai salah satu keutamaan sedekah yang nyata.

Selain keutamaan sedekah di atas masih banyak keutamaan lainya yang tidak akan ada habisnya jika kita bahas. Semoga kita masukan dalam golongan orang-orang yang dimudahkan dalam urusan apapun sehingga mudah pula bagi kita untuk bersedekah membantu orang lain yang membutuhkan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s