Inilah 5 Manfaat Sedekah Dan Cara Memotivasi Orang Untuk Bersedekah

Inilah 5 Manfaat Sedekah Dan Cara Memotivasi Orang Untuk Bersedekah – Tangan di atas memang lebih baik daripada tangan di bawah. Melalui sepenggal kalimat ini mengingatkan kita akan pentingnya untuk memberi sebagian harta kepada orang yang benar-benar sedang membutuhkan.

manfaat sedekahSedekah juga merupakan salah satu kebaikan yang sangat diajurkan di dalam Islam. Berbuat kebaikan dengan bersedekah memang bukan hanya soal memberikan sebagian harta untuk orang yang sedang membutuhkan. Akan tetapi manfaat dari bersedekah sangatlah banyak yang bisa dirasakan oleh orang yang melakukannya.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh orang yang memberikan sedekah dan juga dapat dijadikan cara untuk memotivasi orang untuk bersedekah, yaitu :

Rasa Bersyukur Kepada Allah

Dengan memberi sedekah kepada orang yang benar-benar membutuhkan maka akan membuat anda teringat jika semua yang anda miliki merupakan kenikmatan yang tidak lepas dari izin Allah. Hal inilah yang menjadi bentuk rasa syukur sehingga anda mau membagi kenikmatan kepada orang lain yang kurang beruntung.

Dapat Memperkuat Keimanan

Sedekah adalah salah satu perintah yang sangat dianjurkan di dalam Islam dan siapapun yang bersedekah maka ia akan mendapatkan pahala yang tidak akan pernah putus hingga ia meninggal dunia. Selain itu, ketika anda memberikan sebagian harta, baik itu bersifat material ataupun non material dengan niat ibadah karena Allah maka hal tersebut akan menambah rasa keimanan anda terhadap Allah.

Meningkatkan Rasa Empati Sosial

Hikmah sedekah lainnya ialah akan meningkatkan rasa empati sosial. Konsep sedekah adalah memberikan apa yang anda miliki kepada orang yang lebih membutuhkan, baik itu dalam bentuk materiil ataupun materiil.  ketika anda memberikan sedekah dengan niat ingin membantu meringankan beban orang yang dibantu maka hal tersebut akan melatih sikap empati kepada orang lain.

Melatih Berpikir Positif

Ketika bersedekah dengan ikhlas maka anda tidak akan merasakan kekhawatiran. Sehingga membuat orang yang bersedekah tersebut akan selalu berpikir positif dan apa yang telah ia lakukan tersebut akan memberikan manfaat jangka panjang.

Mendapat Rasa Bahagia

Hikmah sedekah selanjutnya ialah anda akan memperoleh perasaan yang bahagia. Ketika anda membelanjakan sebagian harta di jalan yang penuh kebaikan seperti untuk membantu orang lain, maka hal tersebut akan membantu produksi hormon kebahagiaan di dalam otak anda. Sehingga anda bisa lebih mengontrol emosi dan tidak mudah marah.

Itulah beberapa manfaat bersedekah, jika anda ingin memotivasi orang lain untuk ikut bersedekah. Maka anda harus sering menjelaskan tentang hikmah sedekah kepadanya dan juga mengajak orang tersebut pada saat anda ingin memberikan sedekah kepada orang yang lebih membutuhkan. Semoga apa yang telah di ulas diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi anda semua yang sedang mencari tahu apa saja hikmah sedekah dan bagaimana memotivasi orang lain untuk ikut bersedekah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s