Panduan Shalat dan Tata Cara Shalat Tahajud

Panduan Shalat dan Tata Cara Shalat Tahajud – Tata cara shalat tahajud, meskipun telah banyak tertulis dimana-mana tetapi masih banyak sekali dicari oleh orang-orang terutama yang ingin menyempurnakan caranya shalat tahajud di sepertiga malam.

tata cara shalat tahajud dan keutamaannyaSebelum kita belajar lebih jauh mengenai tata cara melaksanakan shalat tahajud, ada baiknya kita memahami dahulu pengertian dari shalat tahajud. Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dilaksanakan di malam hari setelah shalat isya dengan satu syarat yaitu dilaksanakan setelah tidur malam walaupun hanya sebentar.

Jadi intinya jika kita melaksanakan shalat tahajud setelah shalat isya tapi sebelum tidur, maka itu bukan termasuk shalat tahajud melainkan shalat-shalat sunnah malam biasa. Shalat tahajud dilaksanakan sedikitnya 2 rakaat dan sebanyaknya rakaat tak terbatas dengan salam di setiap 2 rakaatnya.

Perintah shalat tahajud jelas tertulis pada Al Qur’an sebagai amalan shalat sunnah di samping shlat-shalat wajib lainnya. Dimana jika kita tidak melaksanakanya kita tidak apa-apa, tetapi jika kita melaksanakan maka kita akan mendapatkan pahala yang begitu besar serta kemuliaan dari Allah SWT.  Adapun rangkaian tata cara shalat tahajud terdiri dari niat, dan doa seperti berikut.

Niat Shalat Tahajud
Membaca niat sebelum melaksanakan shalat tahajud adalah rangkaian pertama pada urutan melaksanakan shalat tahajud. Adapun lafal niat dari shalat tahajud adalah “ ushalli sunnatan tahajjudi rokataini lillahi ta’alaa” “saya niat shalat sunnah tahajud dua rokaat karena Allah. Niat diucapkan sebelum gerakan takbiratul ikram. Setelah tabiratul ikram dilanjutkan dengan membaca al-fatihah dan surat-surat pendek seperti rangkaian shalat pada umumnya.

Doa Shalat Tahajud
Rangkaian selanjutnya setelah melaksanakan shalat tahajud adalah adalah membaca doa. Sebelum membaca anda dianjurkan untuk membaca wirid dengan kalimat-kalimat tahmid, zikir, istighfar dan shalawat agar semakin dekat dengan Allah SWT. Setelah itu anda bisa membaca doa setelah shalat tahajud yang isinya kurang lebih memuja keagungan Allah, memohon pengampunan Allah atas dosa-dosa kita yang tiada bisa berkurang tanpa belas kasih dari Allah SWT. Setelah membaca doa anda bisa melanjutkan tidur kembali atau menunggu waktu shubuh tiba.

Dibalik tata cara shalat tahajud tersebut ada beberapa hal yang perlu anda ketahui seperti waktu-waktu shalat tahajud yang terbagi dalam 3 waktu. Waktu pertama disebut sebagai waktu utama untuk melakukan shalat tahajud yakni antara pukul 7 malam hingga 10 malam.

Waktu yang lebih utama selanjutnya adalah antara pukul 10 malam hingga pukul 1 pagi. Sedangkan waktu ketiga merupakan waktu paling sangat amat utama adalah pukul 1 malam menjelang waktu shubuh. Tetapi ingat bahwa syarat utama adalah anda harus melaksanakannya setelah tidur malam walaupun tidur hanya sebentar saja.

Nah, bagaimana? Apakah sudah ada sedikit gambaran bagaimana cara melakukan shalat tahajud? Jika sudah ada baiknya jika kita segera mengamalkan sedikit ilmu yang telah kita ketahui ini sembari terus belajar dan memperdalam ilmu-ilmu lainya yang lebih banyak dan lebih bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s