Kebiasaan Salafush Shalih dan Keutamaan Shalat Tahajud

Kebiasaan Salafush Shalih dan Keutamaan Shalat Tahajud – Keutamaan shalat tahajud menjadi daya tarik tersendiri dalam melaksanakan shalat tahajud. Meskipun para ulama dan pemuka agama telah sepakat bahwa hukum shalat tahajud adalah sunnah tetapi banyak orang yang tergerak dan melaksanakan shalat tahajud. Hal itu dikarenakan dilihat dari keutamaan dari shalat tahajud yang begitu besar.

tata cara shalat tahajudMengingat bagaimana waktu pelaksanaanya yang tak seperti shalat-shalat lainya. Jika shalat-shalat lainya dilaksanakan di siang hari dimana semua orang sedang beraktifitas atau sedang senggang sehingga banyak waktu, shalat tahajud justru dilaksanakan di malam hari dimana waktu seharusnya kita beristirahat.

Sungguh begitu besar godaan syetan yang akan membujuk orang untuk tetap dibalik selimut ketimbang harus bangun dan bersentuhan dengan air dingin, berwudlu untuk melaksanakan shalat tahajud. Namun dibalik semua itu, Nabi Muhammad SAW telah banyak bersabda dan bercerita bagaimana manfaat, keutamaan serta kebiasaan para salafush shalih dalam melaksanakan shalat tahajud.

Termasuk Golongan Orang-Orang Sholeh
Diriwayatkan oleh adz-dzariyat kurang lebih bahwa orang-orang yang bertaqwa adalah orang-orang yang sedikit sekali waktu tidur di malam hari dan menghabiskan waktu-waktu malam mereka untuk bersujud memohon ampunan kepada Allah.

Dari hadis di atas sudah begitu jelas bahwa barang siapa yang melaksanakan shalat tahajud akan diberi keutamaan termasuk dalam golongan orang-orang beriman dan bertakwa di hadapan Allah SWT.

Termasuk Orang-Orang yang Akan Mendapatkan Limpahan Rahmat dari Allah
Abu Hurairah ra berkata bahwa nabi Muhammad pernah bersabda bahwa Allah melimpahkan rahmat kepada laki-laki yang setiap sepertiga malam terbangun dan melaksanakan shalat serta membangunkan istrinya. Jika istrinya menolak makan laki-laki itu meneteskan sedikit air di wajah istrinya agar istrinya terbangun. Allah juga melimpahkan rahmat yang tiada terbatas kepada wanita yang terbangun di malam hari tersebut sebagai keutamaan shalat tahajud.

Segala Doanya Akan Mudah di Ijabah
Shalat tahajud dilaksanakan di sepertiga malam sehingga menyimpan keutamaan yang sangat mengagumkan. Salah satunya adalah doa yang akan mudah di ijabah. Hal ini merujuk pada keutamaan lain shalat tahajud dimana dengan melaksanakan shalat tahajud seakan kita membuka pintu langit sehingga doa kita akan lebih mudah diijabah dan dikabulkan.

Dijamin Kesuksesan Dunia dan Akhirat
Allah dengan jelas akan menjamin kesuksesan siapa saja yang mendekatkan diri kepada Nya. Sedangkan shalat tahajud merupakan salah satu langkah untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah. Memohon ampunan kepada Allah di sepertiga malam memiliki nilai tersendiri sehingga kita akan mendapatkan kesuksesan. Kesuksesan yang didapatkan pun tidak terbatas kesuksesan dunia saja tetapi insya allah juga kesuksesan akhirat yang merupakan impian seluruh umat manusia.

Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Pikiran
Semakin dekat kita dengan Allah maka akan semakin tenang jiwa dan pikiran kita dalam menjalani hidup. Semuanya seakan kita pasrahkan kepada Allah dan ikhlas dengan segala apa yang terjadi. Keutamaan shalat tahajud yang satu ini telah banyak dirasakan oleh orang-orang sholeh yang tiada putus melaksanakan shalat tahajud.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s