Hikmah Melaksanakan Puasa Wajib di Bulan Ramadhan

Hikmah puasa ramadhan sangat banyak sekali dirasakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Bulan ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Pada bulan ini akan banyak keutamaan yang diberikan Allah bagi umatnya yang menjalankan ibadah puasa.

Beribadah dan berbuat kebaikan di bulan ramadhan akan diganjar dengan pahala yang berlipat-lipat ganda. Bulan ramadhan mengajarkan kita selain untuk menahan haus dan dahaga juga menahan nafsu dan emosi. Pada bulan yang istimewa ini tidur pun dihitung sebagai ibadah. Tidurnya orang yang berpuasa dihitung sebagai ibadah oleh Allah.

persiapan amalan di bulan ramadhan karimBayangkan saja jika tidurnya orang yang berpuasa pun dianggap beribadah bagaimana jika kita beraktifitas? Aktifitas kita di bulan ramadhan pun dihitung sebagai ibadah dengan pahala yang berlipat.

Ada beberapa hikmah puasa ramadhan diantaranya sebagai berikut:

  1. Puasa ramadhan melatih kita untuk disiplin terhadap waktu. Contohnya adalah dengan sahur sebelum waktu subuh tiba. Bangun sahur melatih kita untuk tertib bangun pagi. Selain itu ritme ibadah yang lebih sering dengan adanya shalat tarawih dan tadarus membuat diri kita harus disiplin dalam membagi waktu antara waktu istirahat, waktu beribadah dan waktu bekerja.
  2. Puasa ramadahan membuat diri kita semakin produktif. Dengan beratnya menahan lapar dan dahaga pada siang hari kita masih diwajibkan untuk melakukan aktifitas seperti biasanya seperti bekerja, pergi sekolah dan aktifitas lainnya. Oleh karena itu puasa ramadhan membuat kita semakin produktif karena selain menghasilkan uang dari pekerjaan kita juga menghasilkan pahala yang berlipat dari ibadah yang dilakukan selama beraktifitas.
  3. Puasa ramadhan mempererat tali silaturahim antar sesama muslim. Pada saat bulan ramadhan tiba kita akan lebih sering bertemu dengan saudara-saudara kita pada saat tarawih. Akan banyak jenis kegiatan ramadhan yang kita kerjakan. Dari yang biasanya tidak bisa bertemu dikarenakan kesibukan di hari-hari biasanya, pada saat bulan ramadhan akan dipertemukan di masjid atau surau saat tarawih.Oleh karena itu puasa  ramadhan membuat tali silaturahmi semakin erat.
  4. Berpuasa ramadhan membuat kita merasakan penderitaan orang-orang yang kurang beruntung dan menimbulkan rasa empati dan peduli kepada sesama. Pada saat puasa ramadhan kita akan merasakan rasanya menahan lapar dan dahaga seharian. Begitu pula yang dirasakan oleh orang-orang yang kurang beruntung. Oleh karena itu, bulan ramadhan akan membuat kita sakin bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah.
  5. Hikmah puasa ramadhan yang lainnya adalah kita dilatih untuk lebih bersabar. Saat berpuasa selain menahan lapar dan dahaga kita juga diharuskan untuk menahan nafsu. Karena jika tidak bisa menahan nafsu maka ibadah puasa kita akan batal dan puasa akan menjadi sia-sia. Oleh karena itu, jika tidak ingin puasa menjadi sia-sia maka kita harus lebih bersabar dalam menahan nafsu dan emosi
Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s