10 Fakta Penting Seputar Zakat Fitrah : Keutamaan dan Fadhilahnya

10 keutamaan zakat fitrahFadhilah zakat fitrah bagi muslim diantaranya adalah untuk membersihkan diri dan harta yang kita miliki. Karena sesungguhNya dari sebagian rezeki yang kita terima, ada sebagian rezeki orang lain di dalamnya yang dititipkan oleh Allah melalui kita.

Zakat firah merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib untuk dikerjakan. Sama halnya seperti mendirikan shalat, jika tidak melakukan zakat fitrah kita pun akan mendapatkan dosa.  Zakat fitrah biasanya dilakukan satu tahun sekali di akhir bulan ramadhan dan saat mendekati waktu lebaran.

Setiap orang dari yang kecil hingga dewasa wajib melakukan zakat fitrah. Bagi anak kecil yang belum bisa mencari nafkah sendiri biasanya zakat fitrah ditanggung dan diwakilkan oleh orang tuanya. Zakat fitrah yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang adalah 2,5 kg beras. Dan jika ingin diganti dengan uang, maka jumlah uang yang dizakatkan harus sebanding dengan harga 2,5 kg beras pada masa mengeluarkan zakat.

Fadhilah zakat fitrah bagi muslim dan keutamaannya akan dijelaskan sebagai berikut :
1.     Mengeluarkan Zakat fitrah  merupakan bagian dari menyempurnakan keislaman seseorang. Zakat fitrah merupakan bagian dari rukun islam, dimana rukun islam merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap umat islam. Terkecuali rukun islam yang kelima yaitu haji, berhaji hanya diwajibkan bagi umat islam yang mampu.Keutamaan Manfaat Zakat Fitrah
2.     Zakat fitrah sebagai sarana membersihkan diri.  Zakat fitrah merupakan hal yang wajib dikerjakan oleh seluruh umat muslim tanpa terkecuali. Zakat fitrah merupakan salah sarana untuk mengembalikan diri ke fitrah.
3.     Zakat fitrah membuat iman kita menjadi lebih sempurna. Dengan berzakat kita telah membantu kesulitan saudara-saudara kita sesama islam. Peduli dengan kesulitan umat muslim lainnya merupakan bagian dari menyempurnakan iman.
4.     Fadhilah zakat fitrah bagi muslim yang lainnya adalah membuat kita semakin dekat dengan pintu surga.
5.     Zakat fitrah juga bisa mempererat ukhuwah islamiah. Karena dengan berzakat kita telah membantu orang lain dan menimbulkan rasa persaudaraan yang semakin erat antar sesama muslim.
6.     Ada kalanya orang miskin akan marah dan kecewa ketika melihat orang kaya yang hidup bermewah-mewahan. Oleh karena itu zakat fitrah akan membuat amarah dan kebencian orang miskin menjadi reda karena kepedulian yang kita berikan.
7.     Zakat memperbanyak rezeki. Tentunya dalam Islam kita mengenal istilah semakin banyak kita memberi maka semakin banyak pula rezeki yang akan ditambahkan oleh Allah kepada kita.
8.     Sebuah hadis mengatakan bahwa dengan bersedekah akan memadamkan murka Allah. Oleh karena itu dengan berzakat dapat memadamkan murka Allah kepada kita.
9.     Hadis riwayat Tirmidzi menyatakan bahwa sedekah memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api. Oleh karena itu berzakat akan membuat dosa diampuni oleh Allah.
10.  Zakat akan memberikan banyak kebaikan kepada kita sebagai manfaat dari keutamaan bersedekah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s