Keutamaan Berpuasa Tanggal 9 dan 10 di Bulan Muharam

keutamaan puasa muharram 1Amalan ibadah yang juga termasuk dalam rukun Islam adalah puasa. Puasa tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadhan saja tetapi juga bisa dijalankan pada bulan-bulan lain, salah satunya adalah pada bulan Muharram dimana Keutamaan Puasa Muharam sangat banyak.

Empat bulan yang mulia dan disaratkan bagi kita untuk memperbanyak amal soleh adalah pada bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Rajab dan pada bulan Muharam. Seperti yang disampaikan dalam hadist riwayat Bukhori no. 2958 dari Sahabat Abu Bakar Radliyallahu Anhu yang berbunyi:

“Dalam satu putaran tahun, terdapat 12 bulan. (Dari kedua belas bulan tersebut) diantaranya ada 4 bulan yang paling mulia, (disebutkan secara berturut-turut) yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharam. Adapun bulan Rajab ada di antara bulan Jumada dan bulan Sya’ban.”

Siapa saja yang memperbanyak berbuat dosa pada bulan-bulan tersebut maka akan dilipatgandakan dosanya dan barang siapa yang memperbanyak amal baik maka akan memperoleh pahala yang berkali lipat pula. Seperti kalam Allah SWT pada surat At-Taubah ayat 36 yang berpesan bahwa jangan sampai umat manusia menzalimi diri sendiri dengan banyak berbuat dosa di bulan-bulan tersebut.

Keutamaan Puasa di Bulan Muharam

Salah satu cara untuk mengisi bulan Muharam adalah dengan memperbanyak ibadah puasa. Keutamaan Puasa Muharam bisa didapatkan dengan cara istiqomah berpuasa khususnya pada tanggal 9 dan 10 Muharam. Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa puasa yang paling utama untuk dilakukan setelah puasa pada bulan Ramadhan adalah dengan melakukan puasa pada bulan Allah, yaitu bulan Muharam.

Janji Allah akan diberikan kepada hambanya yang bersedia melakukan puasa pada tanggal 9 dan 10 bulan Muharam. Yaitu barang siapa yang menjalankan puasa pada bulan Muharam maka Allah akan memberinya pahala sebanyak 10 ribu malaikat, 10 ribu pahala orang yang melaksanakan haji dan umroh dan juga 10 ribu pahala orang yang mati syahid.

Barang siapa yang pada hari tersebut mengusap rambut anak yatim maka setiap helainya akan dinaikkan satu derajat. Dan barang siapa yang bersedia memberi makan orang yang berpuasa pada bulan tersebut maka sama halnya dengan memberi buka puasa yang mengenyangkan bagi seluruh umat Rasulullah SAW di dunia. Hal ini seperti yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA.

Secara rinci, Keutamaan Puasa Muharam yang akan diperoleh jika dijalankan adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan pahala 10.000 malaikat.
  2. Memperoleh kebaikan yang sama atas 10.000 muslimin dan muslimat yang sedang umroh atau haji.
  3. Mendapatkan pahala yang sama besarnya dengan 10.000 muslimin dan muslimat yang mati syahid di medan juang.
  4. Diriwayatkan pula dari Imam Muslim bahwa siapa yang berpuasa di bulan Muharram maka akan mendapatkan Keutamaan Puasa Muharram berupa dihapusnya kesalahan yang telah dilakukan setahun yang lalu
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s