Keutamaan Berpuasa Sunnah di Bulan Rajab

keutamaan puasa sunnah rajab 2Bulan Rajab adalah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, yaitu bulan Dzulqa’dah, bulan Dzulhijjah, Muharram dan bulan Rajab.  Keutaman Puasa Rajab cukup banyak disebutkan dalam hadits. Jika sampai pada bulan ini maka mayoritas muslim akan menyambutnya dengan berpuasa dan sekaligus sebagai penanda bahwa Bulan Ramadhan akan datang sebentar lagi. Puasa sebagai salah satu ibadah wajib di bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk dilakukan pada bulan ini sebagaimana sunnah nabi terdahulu.

Memasuki bulan Rajab, doa yang paling sering dibaca dan kerap kali dilantunkan saat pujian ba’da adzan dikumandangkan adalah:

“Allahumma bariklana fi rojaba wa sya’bana wa ballighna romadhona” yang berarti “Ya Allah berkahilah kami dalam bulan Rajab dan bulan Sya’ban, serta sampaikanlah kami pada bulan Romadhon”.

Bulan Rajab juga disebut-sebut sebagai syahrullah atau bulan Allah yang seyogyanya diisi dengan meningkatkan banyak kebaikan baik itu dalam hal ibadah mahdloh ataupun ibadah ghoiru mahdloh.

Karena begitu mulianya bulan ini, dalam hadits nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Ahmad dan Abu Dawud menyatakan bahwa Nabiyullah Muhammad SAW memerintahkan kepada umat Islam di dunia untuk memperbanyak puasa di empat bulan haram (bulan mulia) seperti yang tersebut di atas yang salah satunya adalah bulan Rajab.

Keutamaan Puasa Rajab

Keutamaan Puasa Rajab cukup banyak, di antaranya adalah:

  1. Bagi siapa saja yang senantiasa memuliakan bulan Rajab dengan banyak melakukan ibadah termasuk  di dalamnya dengan cara berpuasa, maka Allah akan memuliakan mereka semua dengan seribu kemuliaan saat hari kiamat tiba.
  2. Jika dibandingkan dengan bulan yang lain,  kemuliaan bulan Rajab adalah seperti kelebihan atau keunggulan Al-Qur’an di atas seluruh kalam atau perkataan yang ada.
  3. Bagi siapa saja yang menjalankan puasa satu hari saja di bulan Rajab, sama dengan menjalankan puasa selama 40 tahun lamanya dengan jamuan minuman air dari surga Allah yang indah dan nikmatnya abadi.
  4. Bulan Rajab adalah Syahrullah atau Bulan Allah. Pada bulan ini siapa saja yang berpuasa maka dosanya yang telah lalu akan diampuni oleh Allah. Senantiasa dijaga sepanjang sisa umurnya oleh Allah SWT dan juga akan lepas dari dahaga kehidupan akhirat.
  5. Jika kalian melaksanakan puasa Rajab di awal, akhir dan di tengahnya maka sama dengan puasa satu bulan lamanya.
  6. Siapa saja yang bersedekah pada bulan Allah ini maka akan dituliskan kebaikan atasnya, diangkat derajatnya dan juga akan dihapus seribu kejahatan yang telah lalu. Dan siapa saja yang berpuasa tepat pada saat Nabiyullah Muhammad isro’ mi’roj yaitu pada tanggal 27 Rajab maka sama halnya dengan berpuasa 5 tahun lamanya.
  7. Keutamaan Puasa Rajab selanjutnya adalah barang siapa yang berpuasa sehari saja dalam bulan Rajab maka akan mendapatkan surga yang paling tinggi yaitu jannatul firdaus.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s