Keutamaan Puasa Sunnah 6 Hari Di Bulan Syawal

Keutamaan puasa syawal – puasa syawal ialah puasa yang dikerjakan ketika bulan syawal, umumnya puasa keutamaan puasa syawalsyawal ini dilaksanakan selama 6 hari. Menjalankan puasa syawal ini hukumnya ialah sunnah, jika anda melaksanakan puasa syawal, anda akan mendapatkan beberapa keutamaan.

Salah satunya ialah jika melaksanakan puasa syawal maka sama dengan jika anda melaksanakan puasa selama satu tahun penuh. Melaksanakan puasa syawal caranya sama juga dengan ketika melaksanakan puasa ramadhan, anda diperbolehkan melaksanakan sahur dan juga berhenti sahur ketika masuk waktu imsak. Yang membedakan ialah ketika anda melakukan puasa syawal maka bisa dilaksanakan secara berurutan atau berselang harinya, yang penting masih dalam bulan syawal.

Melaksanakan puasa syawal tidak dilakukan ketika tanggal 1 syawal. Hal ini dikarenakan pada tanggal tersebut seluruh umat muslim di seluruh dunia dilarang melaksanakan ibadah puasa. Sehingga puasa syawal ini dilaksanakan pada saat tanggal 2 bulan syawal.

Sedangkan untuk kaum wanita yang memiliki hutang puasa ramadhan, puasa 6 hari bulan syawal boleh dilakukan ketika sudah membayar hutang puasa ramadhan atau anda bisa melakukan puasa syawal terlebih dahulu kemudian melaksanakan puasa untuk membayar hutang di bulan ramadhan pada bulan berikutnya.

Manfaat Puasa Syawal

Melakukan puasa syawal mempunyai beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan, seperti manfaat keutamaan puasa syawal berikut:

  • Melakukan puasa syawal 6 hari setelah ramadhan ialah salah satu penyempurna dan juga pelengkap dari pahala puasa selama satu tahun.
  • Melaksanakan puasa syawal dan juga sya’ban seperti ketika melaksanakan sholat sunnah rawatib yang memang mempunyai fungsi sebagai penyempurna setiap kekurangan. Hal ini dikarenakan ketika hari kiamat nanti semua perbuatan fardhu akan dilengkapi dengan menggunakan perbuatan sunnah.
  • Dengan anda membiasakan untuk melakukan puasa setelah ramadhan, maka menunjukkan bahwa puasa ramadhan anda diterima. Hal ini dikarenakan jika Allah SWT menerima perbuatan amal dari hambanya, maka pasti Allah juga akan membantu dan juga meningkatkan perbuatan – perbuatan baik setelah itu.
  • Setiap muslim yang melaksanakan puasa ramadhan, maka tentu saja akan mendapatkan pahala ketika hari raya idul fitri yang dianggap sebagai hari pembagian sebuah hadiah. Oleh sebab itu dengan membiasakan melaksanakan puasa setelah hari raya idul fitri maka hal tersebut merupakan suatu bentuk rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan. Namun jika setelah melaksanakan puasa ramadhan seseorang melakukan hal yang buruk, maka orang tersebut merupakan orang yang membalas nikmat Allah dengan kekufuran.
  • Dengan melaksanakan puasa syawal selama 6 hari, maka amal – amal yang didapat selama bulan ramadan tidak akan terputus sampai bulan mulia ini berlalu, selama orang tersebut juga masih hidup.

Keutamaan puasa syawal memang belum banyak yang mengetahui. Melaksanakan puasa syawal 6 bulan, maka bisa mendapatkan pahala seperti melaksanakan puasa satu tahun secara penuh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s