7 Tips Agar Bahagia Dunia dan Akhirat

7 tips agar bahagia dunia dan akhiratSetiap manusia menginginkan hidup bahagia di dunia maupun di akhirat kelak, bagi umat muslim rahasia bahagia hidup dunia dan akhirat telah tercantum dalam Al-Qur’an, selain itu juga telah dijelaskan dalam hadits Rosulullah SAW. Apakah rahasianya?

Sebagai umat Islam kita dapat hidup bahagia di dunia maupun akhirat dengan banyak bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan selama ini baik dari segi materi maupun segi kesehatan. Pada hakikatnya kebahagiaan setiap orang tidak dapat diukur dengan materi semata dan semua kebahagiaan itu diawali dengan rasa syukur kita kepada Allah. Selain selalu bersyukur atas nikmat Allah, ada 7 tips agar bahagia dunia dan akhirat, Yuuk kita lihat….!!!!!

1. Berpegang teguh terhadap Al-Qur’an dan Sunnah.
Al-Qur’an adalah firman Allah yang telah diturunkan melalui Nabi Muhammad dan kitab suci ini berisi semua pedoman hidup manusia di dunia agar selamat dan bahagia. Dalam QS. An-Nahl telah dijelaskan bahwa Al-Qur’an diturunkan sebagai rahmad dan tuntunan hidup setiap manusia, serta kitab suci ini juga membawa kabar gembira bagi orang-orang yang beriman. Di dalam QS. At-Thoha juga telah dijelaskan bahwa siapa saja yang mengikuti petunjuk Allah dalam Al-Qur’an maka mereka akan selamat dan terhindar dari celaka dunia akhirat.

2. Memurnikan tauhid.
Salah satu kiat hidup bahagia dunia akhirat adalah dengan memurnikan tauhid. Memurnikan tauhid atau beribadah kepada Allah merupakan tujuan utama diciptakannya manusia. Allah juga telah mengutus Nabi-Nya untuk membawa setiap umat manusia untuk kembali ke jalan yang benar, yaitu beribadah kepada Allah. Memurnikan tauhid ini didapat melapangkan dada karena hakikat memurnikan tauhid adalah berserah diri, ikhlas, dan tunduk kepada Allah. Jika seseorang telah berhasil memurnikan tauhidnya maka kebahagiaan akan menghampirinya.

Baca juga Artikel menarik : Bagaimana Cara Dr Zakir Naik Mendidik Anaknya

3. Membekali diri dengan ilmu syariat.
Setiap manusia yang diciptakan di bumi berkewajiban untuk menimba ilmu terutama ilmu agama atau syariat. Ilmu syariat dapat melapangkan dada seseorang dan dapat menuntun setiap manusia kejalan yang benar. Dengan bekal ilmu syariat ini maka manusia akan menemukan kebahagiaan dunia dan akhiratnya kelak.

4. Cinta kepada Allah.
Kunci kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat adalah cinta kepada Allah. Salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang beriman adalah rasa cinta kepada Allah. Rasa cinta ini akan membawa seseorang lebih tenang dan melapangkan dada sehingga bagi mereka yang selalu memupuk rasa cinta kepada Allah akan mendapatkan ketenangan jiwa yang akan membawa kebahagiaan dunia dan akhirat.

5. Bertaubat.
Bertaubat merupakan salah satu hal yang dianjurkan oleh Islam karena setiap manusia tidak luput dari dosa. Senantiasa bertaubat kepada Allah atas apa yang telah dilakukannya merupakan perilaku yang dapat membawa kedamaian, ketenangan jiwa, dan juga dapat membawa kebahagiaan kepada setiap orang.

6. Selalu berdzikir.
Dzikir merupakan salah satu amalan yang dianjurkan oleh agama karena amalan ini dapat membawa ketentraman jiwa dan meningkatkan rasa cinta kepada Allah. Setiap orang yang selalu berdzikir kepada Allah akan senantiasa ingat dengan kebesaran Allah dan akan berserah diri kepada-Nya sehingga hati dan fikiran akan lebih tentram dan membawa kebahagiaan.

7. Selalu berbuat baik kepada setiap makhluk.
Islam telah mengajarkan kepada setiap umatnya untuk selalu berbuat baik kepada sesama makhluk baik kepada sesama manusia maupun terhadap binatang. Setiap orang dapat berbuat baik dengan tenaga, harta, dan do’a. Jadi tidak ada alasan untuk tidak berbuat baik kepada makhluk lainnya karena melakukan kebaikan terhadap orang lain dapat membawa keberkahan dan kebahagiaan.

Pendaftaran Santri Baru Pesantren Tahfidz Wirausaha AKBAR

Itulah 7 tips agar bahagia dunia dan akhirat. semoga bermanfaat dan bisa diamalkan. Terima Kasih. Jazakumullah Khairan Katsiran. (ASD)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s