5 Cara Cepat Menghafal Al quran Tanpa Menguras Otak

cara cepat menghafal al quranNah, bagi kalian yang sangat ingin dalam menghafal al quran, kami punya tips jitu 5 cara cepat menghafal al quran, caranya sangat mudah hanya dengan membaca saja dan tidak perlu menguras otak untuk menghafal, apalagi sampai pusing tujuh keliling dan akhirnya ketiduran. hehehe

Bagaimana caranya? Yuuk, kita baca penjelasan dibawah ini.

 1.  Meluruskan Niat.
Cara cepat menghafal al quran yang pertama dan utama yaitu Meluruskan Niat, sesungguhnya niat ini sangat penting. Untuk apa kita menghafal al quran? Apakah untuk menyombongkan diri dihadapan manusia bahwa kita adalah seorang yang hafal al quran? Atau murni karena Allah semata? Maka oleh sebab itu kita perlu meluruskan niat kita sebelum memulai untuk menghafal al quran. Niat ikhlas hanya untuk Allah semata, agar Allah menurunkan berkahNya dan memberi kemudahan untuk kita dalam menghafal al quran.

Baca Artikel menarik ini: Inilah 12 Orang Yang Didoakan Malaikat

2.  Cukup dengan satu Mushaf.
Kemudian cara cepat menghafal al quran yang kedua yaitu, memilih mushaf yang cocok dan sesuai dengan kita, kemudian gunakan secara terus-menerus dan tidak boleh diganti. Karena struktur dan tampilan halaman terkadang berbeda-beda tiap penerbit. Pastikan kita menghafal dengan mushaf yang sama, karena pada saat kita menghafal sebenarnya kita sedang memotret gambar kedalam memory otak kita. Sehingga struktur dan tampilan halaman pada sebuah mushaf itu akan berpengaruh pada hafalan kita. bahkan pada saat membaca kita akan ingat letak posisi dan halaman ayat yang sedang kita hafalkan.cara cepat menghafal al quran 2

3.  Membaca satu ayat 20 kali.
Lalu cara cepat menghafal al quran yang ketiga, yaitu baca satu ayat al quran dengan detail dan tartil, perhatikan dengan seksama setiap hurufnya, lalu di ulang sebanyak 20 kali. Mungkin pada awalnya anda akan menbacanya dengan terbata-bata, tapi pada pengucapan yang ke-20 insyaAllah Anda akan lancar dan fasih membacanya bahkan anda bisa membacanya tanpa melihat al quran.

4.  Pengulangan dan penggabungan ayat.
Kemudian setelah ayat pertama dibaca sebanyak 20 kali, maka kita lanjut dengan membaca ayat kedua dengan metode yang sama yaitu dibaca sebanyak 20 kali. Jika sudah selesai maka gabungkan ayat 1 dan 2. Jadi bacalah ayat pertama, lalu ayat kedua, dan ulangi bacaannya sebanyak 20 kali.

5.  Lakukan hal ini dengan cara yang sama hingga ayat ke 5.
Nah pada langkah ke 5 ini anda simpan dulu apa yang sudah anda dapatkan. Dan saya yakin insyaAllah anda sudah mampu membaca Ayat 1 sampai 5 dengan lancar tanpa melihat al quran.

Baca juga artikel menarik lainnya :

6 Alasan Memilih Pondok Pesantren Penghafal Al Qur’an yang tepat

Nah sangat mudah bukan? Anda bisa menghafal al quran hanya dengan membaca tanpa menguras otak. Semoga metode sederhana cara cepat menghafal al quran ini bisa di praktekkan dan diamalkan. Selamat mencoba. Jazakumullah khairan katsiran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s