Tips Mudah Menghafal Al-Qur’an

Menjadi penghafal Al-Qur’an merupakan keinginan semua umat muslim di dunia ini. sudah banyak umat islam di belahan bumi ini hafal 30 juz Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an merupakan hal yang gampang-gampang susah jika kita tidak konsentrasi dalam menghafalnya. berikut tips mudah menghafal Al-Qur’an.

Sebelum menghafal Al-Qur’an lebih baik kita menghetahui tata cara sebelum menghafal Al-Qur’an. Berikut tahapan yang harus dilakukan sebelum menghafal Al-Qur’an :

  • Niat, sebelum kita menghafal Al-Qur’an maka pertama kali yang harus dilakukan yaitu niat sepenuh hati.
  • Wudhu disetiap akan melakukan hafalan Al-Qur’an.
  • Berdo’a.
  • Melakukan amalan-amalan seperti sholat tahajjud, AHOLt hajat, puasa dan shodaqoh.

Dan berikut tips mudah menghafal Al-Qur’an yang bisa kita lakukan di rumah.

  • Memperbaiki Bacaan, Sebelum mulai menghafal ayat demi ayat, hendaknya kita memperbaiki bacaan terlebih dahulu. hal ini wajib kita lakukan agar terhindar dari salah baca dan kekeliruan. Menghafal al-quran memang mempunyai keutamaan yang banyak, tapi kalau membacanya masih banyak yang keliru, bisa membuat pahala berkurang.
  • Memperdengarkan Hafalan, Untuk menghindari bacaan yang salah, hendaknya halaman yang sudah dihafal kita perdengarkan kepada orang lain, agar orang tersebut membenarkan jika bacaan kita salah.
  • Memperbanyak Mendengar Bacaan Al-Quran, Faktor lain yang dapat memperkuat hafalan kita adalah memperbanyak mendengarkan bacaan al-quran, baik dari teman ataupun bacaan al-quran dari syaikh yang mapan dalam bacaan.
  • Menggunakan Satu Jenis Mushaf Al-Qur’an, Usahakan menggunakan satu jenis mushaf al-quran, jangan pindah dari satu jenis mushaf ke mushaf lain. Karena setiap jenis mushaf al-quran mempunyai posisi ayat yang berbeda-beda, kalau kita berganti-ganti mushaf mata kita akan ikut menghafal apa yang kita lihat sehingga itu akan mengaburkan hafalan kita.
  • Satu ayat/satu baris diulang berkali-kali, Banyak sekali orang yang tidak dikaruniai kemampuang menghafal. ketika kita menghafal, sejatinya kita sedang berinteraksi dengan Al-Qur’an. maka dengan berulang-ulang pembacaannya maka diharapkan semakin mudah dan hafalan semakin kuat.
  • Memperbanyak Do’a, Do’a adalah senjata seorang mukmin. Dalam setiap amalan kita diperintahkan untuk selalu mengawalinya dengan berdo’a. Begitu juga dalam menghafal Al-quran, perbanyaklah berdo’a agar dimudahkan dalam menghafal Al-quran, karena do’a merupakan bukti tawakkal kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

tips mudah menghafal A-Qur'an

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s