5 Cara Agar Konsisten Membaca Al Qur’an

Setiap dari manusia terutama kita sebagai umat muslim tentu sangat menginginkan hidup bahagia yang penuh dengan keberkahan dari Allah SWT. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapat kebahagian hidup yang penuh dengan keberkahan dari Allah SWT salah satu nya dengan Al Qu’an.

Al Qur’an adalah kitab suci kita sebagai umat islam yang tidak perlu di ragukan lagi kebenaran isinya. Sebagai firman dari Allah SWT yang turunkan dan di wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Al Qur’an adalah panduan sekaligus pedoman hidup seluruh umat muslim di dunia yang didalamnya sudah sangat lengkap membahas setiap aspek kehidupan.

5 cara agar konsisten membaca Al Qur'an

Berikut 5 cara agar konsistens membaca Al Qur’an setiap untuk mendapat kehidupan yang penuh dengan keberkahan dari Allah SWT.

  1. Pelajari dan ketahui tentang manfaat dan keutamaan membaca Al Qur’an. ” Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapat satu kebaikan dari huruf itu, dan satu kebaikan itu akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan alif-lam-mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)
  2. Buat komitmen pada diri senidiri. Buatlah komitmen dan janji pada diri sendiri untuk bisa istiqomah dalam membaca dan mempelajari Al Qur’an dan tancapkan dalam hati bahwa tidak ada yang bisa memisahkan kita dengan Al Qur’an kecuali jika ajal telah menjemput.
  3. Dekat dan Bergaul dengan teman yang shaleh. Hal yang paling berpengaruh dalam usaha mempertahankan konsistensi membaca dan menghafal Al Qur’an adalah dengan cara bergaul dan berteman dengan orang-orang shaleh yang juga sama-sama mencintai Al Qur’an.
  4. Gabung dengan komunitas pecinta Al Qur’an. Cara lain dalam hal mempertahankan konsistensi adalah dengan bergabung kedalam komunitas Al Qur’an salah satu contoh nya adalah ODOJ. ODOJ adalah program yang didirikan oleh Alumni Rumah Qur’an, yang mana kita difasilitasi dan di permudah dalam melakukan tilawah Al Qur’an dalam 1 hari sebanyak 1 juz.
  5. Cintai Al Qur’an dan miliki hasrat untuk terus mempelajari dan memahami isi kandungan Al Qur’an.

Dengan cara-cara diatas insya Allah kita sebagai umat muslim akan terus kosisten dalam membaca dan menghafal Al Qur’an. Yuk kita cintai Al Qur’an kita 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s