Beberapa Tips Menghafal Al Qur’an Yang Efektif ( Bagian ke-1 )

Banyak cara yang ditempuh bagi santri yang menghafal Al Qur’an.  Setiap cara memiliki perbedaan dan efektivitas yang berbeda-beda, tergantung dari pengalaman dan metode yang dipakai oleh masing-masing penghafal Al Qur’an.  Beberapa kiat menghafal dan tips yang terangkum dalam tanya jawab akan di uraikan disini, diambil dari buku Hafal Al-Qur’an tanpa Nyantri karangan Abdud Daim Al-Kahil.

Apakah kita mendengarkan satu surat Al Qur’an secara penuh dan berulang-ulang setiap hari?

Jawab:  Saya selalu mengutamakan untuk mendengarkan satu surat secara berulang-ulang setiap hari hingga lafazh-lafazhnya tidak asing lagi bagi saya.

Satu contoh jika anda ingin menghafalkan surat An-Naml, maka anda harus mendengarkan surat ini dari bacaan salah seorang syaikh secara berulang-ulang setiap sehari dalam tempo beberapa hari.  Maka setelah itu anda akan merasa mudah dalam menghafalkannya.  Metode ini telah saya praktekkan dan membuahkan hasil yang memuaskan.  Saya telah mampu menghafalkan Al Qur’an tanpa susah payah, karena saya menikmati hal itu.

Berapa tahunkah waktu yang ideal untuk bisa hafal Al Qur’an seluruhnya?

Jawab:  Sudah kita ketahui bahwa Rasulullah SAW hafal AL Qur’an dalam jangka waktu 23 tahun, yaitu rentang dimana Al Qur’an diturunkan.  Tidak ada hadist yang meriwayatkan batasan waktu yang ideal untuk bisa hafal Al Qur’an.  bahkan anda dapat menghafal ayat-ayat yang mudah disertai dengan niat yang benar untuk menyelesaikannya.

Imam Syafi’i pernah mengeluh kepada gurunya betapa susahnya beliau menghafal.  Gurunya, Waki’ menasehati beliau untuk meninggalkan maksiat.

Jangan merasa putus asa jika belum mendapatkan kondisi yang cocok dengan hafalan.  memohonlah kepada Allah SWT, akan hal tersebut.  Niscaya Dia akan mengabulkan permohonan anda.  Mungkin anda dapat menghafal Al Qur’an dalam beberapa bulan, mungkin juga bertahun-tahun.  Namun menurut pandangan saya, 2 tahun adalah waktu yang ideal untuk menargetkan hafalannya.

Manusia yang normal dapat membiasakan diri dengan gaya bahasa Al qur’an dengan mendengarkan bacaannya, interaksi dengan ayat dan maknanya, serta khusyuk dalam memahami makna ayat yang di dengarnya.  baru kemudian memantapkan hafalannya dengan membaca mushaf secara langsung.

Metode mendengarkan satu surat Al Qur’an berulang-ulang kemudian dilanjutkan dengan membacanya langsung dari mushaf secara berulang-ulang pula sehingga benar-benar hafal, memungkinkan seseorang mampu hafal 10 halaman di bulan pertama.  Namun bulan pertama inilah bulan paling sulit diantara 24 bulan menghafal.

Bulan kedua baru akan terasa lebih enak.  Anda akan mampu menghafal 15 halaman dalam bulan kedua ini.  Baru kemudian pada bulan ketiga anda akan terbiasa dengan gaya bahasa Al Qur’an, dan anda akan bisa menghafal Al Qur’an.

Baru kemudian pada bulan ketiga anda akan terbiasa dengan gaya bahasa Al Qur’an dan akan mampu menghafal 20 halaman dalam bulan ini.  Dalam 2 tahun, Insya Allah anda akan hafal Al Qur’an dengan mudah dan lancar.

Bersambung…….

 

Save

Save

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s